SEKOLAH BEBAS DBD: EDUKASI DAN AKSI SISWA DALAM PENGENDALIAN NYAMUK AEDES AEGYPT
DOI:
https://doi.org/10.33755/jas.v2i1.38Keywords:
DBD, siswa sekolah dasar, edukasi kesehatan, pemberdayaan, pemberantasan sarang nyamukAbstract
SDN 112 Pamoyanan terletak di wilayah padat penduduk di Kecamatan Regol, Kota Bandung, yang memiliki karakteristik lingkungan rawan terhadap penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD). Survei pendahuluan menunjukkan bahwa mayoritas siswa belum memahami konsep dasar pencegahan DBD, belum ada keterlibatan siswa dalam kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dan sekolah belum memiliki program edukasi kesehatan berkelanjutan. Sebagai solusi, diusulkan program “Sekolah Bebas DBD” yang mencakup edukasi interaktif tentang DBD, pelatihan kader siswa sebagai Duta Bebas DBD, serta integrasi kegiatan PSN ke dalam kurikulum dan budaya sekolah. Metode pelaksanaan program mencakup sosialisasi, pelatihan, alih teknologi, pendampingan, dan strategi keberlanjutan. Hasil dari intervensi menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan siswa terhadap seluruh aspek yang diukur, termasuk pengetahuan tentang DBD, siklus hidup nyamuk, waktu aktivitas nyamuk, dan prinsip 3M Plus. Rata-rata total skor pengetahuan meningkat dari 59,1 (pre-test) menjadi 84,2 (post-test) (p < 0,001). Pelatihan dan pemberdayaan siswa dalam peran sebagai kader PSN terbukti memperkuat efektivitas pendekatan edukatif dan mendorong terciptanya budaya sekolah yang sehat dan tanggap terhadap ancaman DBD. Program Sekolah Bebas DBD terbukti efektif dalam meningkatkan literasi kesehatan dan keterlibatan siswa dalam pengendalian DBD. Pendekatan ini relevan untuk direplikasi di sekolah lain sebagai bagian dari upaya preventif nasional berbasis komunitas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Abdimas Sains have CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.