DETEKSI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAGI SISWA DI TK MUSLIMAT NU BUGANGAN KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.33755/jas.v1i2.17Keywords:
deteksi; pertumbuhan; perkembangan; anakAbstract
Pertumbuhan dan perkembangan anak yang sesuai dengan usianya merupakan salah satu indikator dari anak yang sehat. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran secara fisik dan struktur tubuh, dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat. Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. Pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak perlu dilakukan secara berkala guna mengetahui kondisi kesehatan anak. TK Muslimat NU Bugangan merupakan salah satu sekolah pendidikan anak usia dini yang memilik jumlah peserta didik 90 anak, yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu TK A dengan jumlah 46 anak dan TK B 44 anak. Sekolah ini juga belum melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan secara berkala pada seluruh anak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi status pertumbuhan dan perkembangan anak melalui kegiatan deteksi tumbuh kembang. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas (LILA), lingkar kepala (LK) dan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Kegiatan diikuti oleh total 74 anak dan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2024. Berdasarkan hasil kegiatan didapatkan data bahwa untuk deteksi perkembangan pada 38 anak TK A sebagian besar anak (66%) memiliki perkembangan sesuai umur, 24% perkembangan meragukan, dan 10% ada kemungkinan penyimpangan. Sedangkan untuk deteksi pertumbuhan pada 36 anak TK B sebagian besar anak (80%) memiliki status gizi baik, 14% status gizi kurang, dan 6% status gizi lebih. Masih ditemukannya data anak yang mengalami masalah dalam perkembangan dan pertumbuhan sehingga dibutuhkan tindak lanjut dari kegiatan ini yang dapat berupa pemeriksaan ulang atau pun pelaporan ke pihak terkait seperti Puskesmas yang menjadi wilayah kerjanya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Abdimas Sains have CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.