PARENT’S EMPOWERMENT IN UTILIZATION AND TRADITIONAL TOY MAKING TO REDUCE GADGET ADDICTION AMONG ELEMENTARY STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.33755/jas.v1i3.15Keywords:
Parents, Empowerment, Child, Gadget_addictionAbstract
Penggunaan gadget saat ini hampir menyeluruh di semua kalangan usia, termasuk anak-anak. Banyaknya aplikasi-aplikasi menarik yang di tawarkan seperti games membuat anak-anak sangat gemar menggunakan gadgetnya. Masalah yang muncul adalah kecaduan gadget yang membuat anak menjadi susah untuk bersosialisai baik di lingkungan keluarga dan sekolah. Orang tua memiliki peran penting dalam menurunkan kecanduan gadget yang di alami oleh anaknya. Pengabdian kepada masyarakay ini bertujuan untuk memberdayakan orang tua dan menggunakan sumber daya yang ada untuk membuat mainan tradisional. Proses pemberdayaan dan pembuatan mainan tradisional dapat di lakukan bersama-sama antara orang tua dan anak. Metode pelaksanaan PKM ini yaitu akan bekerjasama dengan pihak mitra yaitu pihak sekolah dalam memfasilitasi pertemuan dengan para orang tua murid di kelas 1 dan 2. Pelatihan pembuatan mainan tradisional akan di lakukan selama 1 bulan. Output dalam PKM ini adalah terbentuknya modul ataupun video pelatihan pembuatan mainan tradisional. Analisa univariat menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan orang tua pada pre-test adalah 32.33 (± 2.895) dengan nilai min-max 28-40 dan post-test adalah 35.00 (± 3.836) dengan nilai min-max 28-44. Nilai rata-rata gadget addiction pada pre test adalah 26.93 (±6.902) dengan nilai min-max 20-38 dan nilai rata-rata post test adalah 31.27 (±7.216) dengan nilai min-max 21-44. Bivariate analisis menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai T hitung sebesar -1.878 ( T-hitung > T tabel), Nilai P-Value pada pengetahuan orang tua sebesar 0.003 (p-value < 0.05) menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Pada Gadget Addiction diperolah P-Value sebesar 0.02 (p-value < 0.05) menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Pemberdayaan orang tua dalam pemanfaatan dan pembuatan mainan tradisional dapat menjadi strategi efektif untuk mengurangi kecanduan gadget di kalangan siswa SD dan juga meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai gadget.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Abdimas Sains have CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.